Tuesday, June 7, 2016

Besaran dan Satuan: Pengukuran dalam Fisika

Di dalam Fisika pengukuran didefinisikan sebagai suatu kegiatan mengukur objek benda dengan mempergunakan alat ukur. Alat ukur yang dipergunakannya sendiri beragam, tergantung dari jenis objek benda yang hendak diukur.

Besaran dan Satuan: Pengukuran dalam Fisika 

Jenis-jenis Alat Ukur

Untuk alat ukur panjang, jenis-jenis alat yang dipergunakan bisa berupa penggaris, jangka sorong, mikrometer skrup dan lain-lain. Bagi kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang jangka sorong dan mikrometer skrup, bisa kunjungi link-linknya dibawah.
Selain alat ukur panjang, ada juga alat yang bisa dipergunakan untuk mengukur massa benda atau dikenal dengan timbangan atau neraca. Cara penggunaannya sendiri dilakukan dengan meletakan beban pada salah satu lengan neraca dan meletakan kalibrasi standar pada lengan yang lainnya.

Belum selesai sampai di situ, ternyata alat ukur masih ada lagi jenisnya. Apa itu? Alat ukur untuk menghitung kuat arus dan tegangan

Alat untuk menghitung kuat arus apa? Alat untuk menghitung tegangan apa?

Alat ukur yang dipergunakan untuk menghitung besar kuat arus adalah ampermeter sedangkan untuk mengetahui besar tegangan bisa mempergunakan voltmeter. 

Jenis Pengukuran

Berdasarkan jenisnya pengukuran terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu pengukuran secara langsung dan pengukuran secara tidak langsung.

1. Pengukuran Langsung

Pengukuran dikatakan langung apabila hasil pengukuran mempergunakan alat ukur menunjukan hasil akhir dan tidak memerlukan tambahan teknis lainnya, seperti merata-ratakan atau penggunaan rumus. Contoh dari pengukuran langsung adalah menimbang massa benda dengan suatu timbangan.

2. Pengukuran Tidak Langsung

Untuk pengukuran tidak langung, proses pengukuran dengan mempergunakan alatnya memerlukan perhitungan-perhitungan tambahan. Mengukur luas persegi panjang contohnya. Dalam hal ini, pertama kali yang dilakukan adalah mengkur dua sisi (panjang dan lebar), selanjutnya adalah mengalikan panjang dan lebar tersebut untuk menghitung luasnya.

Angka Penting

Angka penting merupakan angka yang diperoleh dari hasil pengukuran. Dalam penulisannya, hasil dari pengukuran akan menghasilkan yang namanya angka pasti dan angka taksiran. Nah dalam hal ini, kedua jenis angka tersebut masuk ke dalam kategori angka penting. Sehingga tidak bisa diabaikan keberadaannya.

Di dalam angka penting, kita akan dikenalkan dengan beberapa aturan. Untuk aturannya sendiri silahkan kalian kunjungi link aturan angka penting.

Presisi dan Akurasi
Dua istilah ini akan kalian temui dalam kegiatan pengukuran. Apa itu presisi? Apa itu akurasi? Dan apa manfaatnya kita mempelajari hal ini, silahkan kalian kunjungi konsep presisi dan akurasi.

Kesalahan Pengukuran

Di kegiatan pengukuran, kita pasti akan menemukan yang namanya kesalahan. Sumber kesalahannya pun beragam, bisa itu dari sebuah kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari atau memang sama sekali tidak bisa dihindari. Kesalahan-kesalahan semacam ini disebut juga sebagai ketidakpastian dalam pengukuran. Pelajari lebih lengkap>>


Subab Materi Besaran dan Satuan

Silahkan pelajari subab dari materi besaran dan turunan di bawah secara berurutan:

Share this

0 Comment to "Besaran dan Satuan: Pengukuran dalam Fisika"

Post a Comment