Sunday, June 5, 2016

Besaran dan Satuan: Besaran Turunan dan Besaran Pokok

Pada kesempatan kali ini topik yang akan dibahas adalah tentang Besaran pokok dan Besaran Turunan. Besaran-besaran ini adalah sesuatu yang penting untuk dibahas karena akan selalu berhubungan dengan materi-materi Fisika lainnya.

Pembahasan tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Namun, sebelum kita masuk ke topik inti, yaitu tentang besaran pokok dan besaran turunan. Alangkah lebih baiknya kita harus tahu dulu hal yang melatarbelakangi kenapa besaran-besaran ini bisa muncul ke permukaan dan menjadi sesuatu yang sangat penting terhadap perkembangan pengetahuan? Yuk di simak pemaparannya.

Latar Belakang?

Fisika menuangkan konsep yang sangat luas dan tak terhitung jumlahnya. Para saintis dari setiap wilayah yang berbeda menyumbangkan berbagai konsep dan pengetahuan-pengetahuan baru. Perbedaan wilayah ini ternyata menjadi sebuah permasalahan. Sistem yang berlaku antara satu wilayah dengan wilayah lainnya tidak sama. Para saintis akhirnya kebingungan ketika harus mensinkronkan konsep dari suatu sistem wilayah lain dengan sistem yang terdapat pada wilayahnya sendiri. Hal inilah yang memaksa mereka untuk mencari solusinya.

Untuk mengatasi hal tersebut akhirnya para saintis sepakat untuk membuat sistem yang sifatnya universal dan bisa dipakai untuk semua wilayah, atau dikenal dengan sistem Internasional. Agar nantinya para saintis dari suatu wilayah mempergunakan sistem ini ketika hendak menjelaskan hasil temuannya. Nah salah satu bagian dari isi sistem yang diakui dunia ini adalah "besaran", yang mana didalamnya mencakup besaran pokok dan besaran turunan.

Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok didefinisikan sebagai suatu besaran yang satuannya sudah ditetapkan lebih dulu, besaran ini nantinya dipergunakan untuk menentukan besaran-besaran lainnya.

Berdasarkan hasil kesepakatan Internasional besaran pokok terdiri atas 7 besaran fisis. Ketujuh besaran ini didaulat sebagai besaran bagi satuan Internasional dan dikenal sebagai "Le Systeme International d'Unites". 

Ketujuh besaran beserta satuannya tersebut bisa dilihat pada tabel besaran pokok di bawah.
No
Besaran
Satuan
1
Panjang
Meter (m)
2
Waktu
Kilogram (kg)
3
Massa
Sekon (s)
4
Temperatur
Ampere (A)
5
Intensitas Cahaya
Kelvin (K)
6
Arus Listrik
Candela (Cd)
7
Jumlah Zat
Mol (mol)

Pengertian Besaran Turunan

Besaran turunan didefinisikan sebagai suatu besaran yang satuannya hasil penurunan dari besaran pokok. Besaran ini pada dasarnya merupakan hasil perkalian atau perbandingan dari beberapa besaran, baik itu besaran pokok ataupun besaran turunan.

Besaran jenis ini ada banyak sekali jumlahnya, beberapa contoh besaran turunan dan satuannya bisa dilihat pada tabel besaran turunan di bawah.
No
Besaran
Satuan
1
Kecepatan
m/s
2
Percepatan
m/s2
3
Volume
m3
4
Luas
m2
5
Gaya
Kg.m/s2 (N)
6
Tekanan
N./m2 (Pa)
7
dll . . .
dll . . .


Subab Materi Besaran dan Satuan

Silahkan pelajari subab dari materi besaran dan turunan di bawah secara berurutan:

Share this

0 Comment to "Besaran dan Satuan: Besaran Turunan dan Besaran Pokok"

Post a Comment