Tuesday, June 7, 2016

Cara Membaca Mikrometer Sekrup beserta Contoh Penerapannya

Mikrometer sekrup merupakan salah satu alat ukur yang dipergunakan untuk menghitung ketebalan, panjang atau diameter bola yang ukurannya sangat kecil. Dengan alat ini, kita bisa menghitung tebal kawal, tebal kertas ataupun objek-objek kecil lainnya.

Perhatikan gambar berikut,

  

Dari gambar tersebut, kita bisa melihat bahwa mikrometer sekrup mempunyai bagian-bagian utama yang nantinya akan dipergunakan untuk proses pengukuran, beberapa diantaranya adalah rahang tetap, rahang geser, skala nonius dan skala utama.

Skala noniusnya sendiri terletak pada bagian pemutar dan terdiri atas 50 skala. Setiap skala diputaran satu kali, maka rahang geser akan berpindah maju mundur sejauh 0,5 mm. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa satu skala nonius itu adalah 0,5/50 atau bernilai 0,01mm. Nah nilai ini disebut juga sebagai ketelitian mikrometer sekrup.

Bagaimana cara membaca mikrometer sekrup?

Untuk membaca mikromter sekrup pada dasarnya sangat mudah, asalkan tahu teknik dan langkah-langkahnya kita akan bisa langung mempraktekannya. Nah untuk prosesnya bisa kalian lihat pada poin-poinnya dibawah.

Disini saya ambil contoh gambar berikut,


Untuk langkah-langkahnya,
  1. Perhatikan bagian skala utama. Berdasarkan gambar tersebut dengan jelas kita melihat bahwa nilainya adalah 12 mm.
  2. Masih diskala utama, coba kalian lihat. Apakah bagian kanan-bawah dari skala yang sudah kita tentukan tersebut ada skala lain. Jika ada, segera tambahkan nilai 0,5 mm. Jika tidak, jangan tambahkan apa-apa. Dari gambar diatas terlihat sesudah angka 12 ada skala lain. Sehingga kita jumlahkan nilai 12 mm dengan 0,5 mm. Dan dihasilkan 12,5 mm.
  3. Nah terakhir lihat bagian skala nonius, berada diposisi berapa? Dalam hal ini nilainya adalah 0,16. Silahkan kalian jumlahkan nilai yang sudah didapatkan sebelunya dengan nilai yang ini. Sehingga didapatkan 12,5 + 0,16 = 12,66 mm. 4. Selesai. 
Masih bingung? 

Coba lihat ilustrasi gambar di bawah, 

 

Nah mungkin itu saja penjelasan berkaitan dengan cara membaca mikrometer sekrupnya, semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kalian!

Bagi kamu yang ingin mempelajari lebih lengkap tentang konsep pengukuran silahkan kunjungi link pengukuran dalam fisika. Saya akan pandu kalian untuk memahami lebih jauh tentang materi ini.

Image source: http://www.technologystudent.com

https://mail.google.com/mail/u/0/?ui=2&ik=3377d21bd7&view=att&th=15529ed186476931&attid=0.1&disp=safe&realattid=f_ip566ya20&zw

Share this

0 Comment to "Cara Membaca Mikrometer Sekrup beserta Contoh Penerapannya"

Post a Comment