Tuesday, June 28, 2016

Gerak Melingkar

Gerak melingkar dari namanya sudah jelas menunjukan bahwa disini kita akan belajar tentang materi gerak pada benda yang lintasannya berupa lingkaran. Disana kita akan mengkaji berkaitan dengan kecepatan sudut, percepatan sudut, sudut tempuh dan lain sebagainya. Kesemuanya itu akan menjadi makanan pokok ketika kita mencoba mempelajari materi gerak melingkar.

Berdasarkan jenisnya, gerak melingkar terbagi menjadi 2 bagian, yaitu gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan.

Gerak melingkar beraturan (GMB)

Sama halnya pada gerak lurus beraturan (GLB), gerak melingkar beraturan pun memiliki kecepatan yang konstan setiap waktunya pada saat bergerak. Yang berbeda cuman terletak pada arah gerak dan lntasannya saja.

Konstannya kecepatan sudut diakibatkan karena percepatan sudut dari benda yang sedang bergerak melingkar sama dengan nol. Hal inilah yang menyebabkan GMB memliki kecepatan tetap saat berputarnya.


Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)

Gerak melingkar berubah beraturan merupakan gerak melingkar yang kecepatan sudutnya berubah-rubah setiap waktunya. Dan perubahan kecepatan sudut terjadi secara konstan. Misal, detik pertama 2 m/s, detik ke dua 4 m/s, detik ke tiga 6 m/s dst. Terjadi perubahan kecepatan yang beraturan  bukan?

Kecepatan sudut berubah secara beraturan disebabkan karena percepatan sudutnya konstan dan memiliki nilai. Bukan nol seperti pada GMB. Percepatan sudut yang konstan inilah yang menyebabkan kenapa GMBB memiliki kecepatan yang berubah-rubah beraturan setiap waktunya.


Analogi Gerak lurus dan Gerak Melingkar

Sebelum kalian memperdalam ke dua konsep di atas, silahkan kalian simak dulu analogi antara gerak lurus dan gerak melingkar pada tabel berikut:
 
Konteks
Gerak Lurus
Gerak Melingkar
Simbol
Satuan
Simbol
Satuan
Kecepatan
v
m/s2
ω
rad/s2
Percepatan
a
m/s2
α
rad/s2
Jarak
s
m
θ
rad

Percepatan Sentripetal

Percepatan sentripetal merupakan jenis percepatan yang terdapat pada gerak melingkar. Perlu diketahui bersama, percepatan ini berbeda dengan yang namanya percepatan linear ataupun percepatan sudut. Percepatan sentripetal memiliki ciri dimana arah percepatannya tersebut menuju ke pusat lingkaran.

Persamaan percepatan sentrpetal:

asp = v2/r


dimana:
asp = Percepatan sentripetal (m/s2)
v    = kecepatan linear (m/s)
r     = jari-jari lingkaran

Hubungan roda-roda yang berputar beraturan

Apabila kesemua materi diatas sudah dipelajari, silahkan kalian kaji materi tentang hubungan roda-roda yang berputar beraturan.

Share this

0 Comment to "Gerak Melingkar"

Post a Comment