Saturday, July 2, 2016

Dinamika Gerak Lurus

Pada materi dinamika gerak lurus ada beberapa poin yang akan kita bahas dan penulis sudah menuliskan beberapa konsep secara berurutan agar kalian bisa dengan mudah mempelajari materi ini. Yang pertama kali kita bahas adalah tentang hukum newton.

Hukum-hukum Newton 

Pada tahap awal pembahasan mengenai dinamika gerak, kalian sudah diperkenalkan dengan istilah gaya. Gaya ini bisa terjadi karena adanya dorongan dan juga tarikan. Nah istilah gaya ini diperkenalkan oleh Isac Newton, seorang fisikawan asal Inggris. Dia berhasil merumuskan teori-teori berkenaan dengan gaya lewat hukum-hukum yang dibuatnya.

Adapun hukum Newton ada 3, yaitu:
Gaya Berat, Gaya Normal dan Gaya Gesek

Setidaknya dengan kalian mempelajari tentang hukum-hukum newton di atas, kalian sudah lebih faham tentang materi gaya. Nah berarti sekarang sudah saatnya bagi kalian untuk mempelajari sekaligus memahami istilah-istilah lain yang masih ada hubungannya dengan gaya itu sendiri. Istilah lain yang saya maksudkan tersebut adalah:
  • Gaya Berat
  • Gaya Normal
  • Gaya Gesek
Hukum Gravitasi Newton

Hukum gravitasi newton ini pada dasanya mengkaji tentang penyebab-penyebab kenapa benda bisa saling tarik menarik antara satu dengan yang lainnya. Benda yang dimaksudpun luas, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Nah untuk lebih detailnya silahkan kunjungi link hukum gravitasi newton.

Gaya Pegas

Gaya pegas adalah gaya yang dilakukan pegas terhadap faktor-faktor eksetrnal yang melibatkannya. Ada 4 hal yang menjadi topik pembahasan gaya pegas ini, yaitu elastisitas,  hukum hook, energi potensial pegas dan susunan pegas. Bagi kalian yang ingin mempelajarinya silahkan klik lin gaya pegas.

Share this

0 Comment to "Dinamika Gerak Lurus"

Post a Comment