Saturday, July 2, 2016

Bunyi Hukum Newton 1 lengkap dengan Contohnya

Silahkan simak bunyi hukum Newton I berikut ini,

"Setiap benda bersifat lembam, artinya benda itu akan cenderung mempertahankan keadaannya seperti semula. Jika resultan gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol maka benda akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan"

Berdasarkan hukum tersebut, kita mendapatkan kesimpulan bahwa jika gaya yang diberikan terhadap sebuah benda sama dengan nol maka benda yang tadinya diam akan tetap dalam keadaan diam, sedangkan yang tadinya bergerak akan cenderung untuk selalu tetap bergerak dengan kecepatan konstan.

Contoh penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari

Apakah kalian pernah mengalami kejadian dimana kendaraan yang kalian gunakan mengerem secara mendadak? Saat kondisi ini menimpa, sudah dipastikan badan kalian akan terdorong ke depan. Sebaliknya, ketika kalian sedang tediam di dalam suatu kendaraan, kemudian kendaraan tiba-tiba melaju secara mendadak pasti tubuh kalian akan terdorong kebelakang. 

Bunyi Hukum Newton 1 lengkap dengan Contohnya

Nah yang menjadi pertanyaannya kenapa ini bisa terjadi? Hukum newton I berbicara.

Pada saat kita berada di kendaraan, sebenarnya tubuh kita juga bergerak relatif terhadap jalan yang berada di bawah kendaraan tersebut. Ketika kendaraan tiba-tiba mengerem mendadak, maka tubuh terdorong kedepan, ini disebabkan karena tubuh kita sebenarnya ingin mempertahankan keadaan bergeraknya untuk tetap bergerak, yang pada akhirnya saat kendaraan tiba-tiba berhenti maka tubuh pun terpental ke depan.

Contoh ke dua, saat kendaraan tiba-tiba melaju mendadak. Tubuh akan terdorong kebelakang dikarenakan tubuh pada dasarnya ingin mempertahankan posisinya diamnya, yang mana akhirnya tubuhnya pun jadi terpental ke belakang.

Nah seluruh peristiwa ini persis seperti apa yang diutarakan oleh hukum newton I diatas.

Rumus Hukum Newton I

Secara matematis, hukum newton satu bisa dituliskan:

∑F = 0

dimana F adalah Gaya (N),


Share this

0 Comment to "Bunyi Hukum Newton 1 lengkap dengan Contohnya"

Post a Comment