Tuesday, June 21, 2016

Kinematika Gerak Lurus

Benda dikatakan bergerak apabila benda mengalami perubahan kedudukan dari titik  awal. Benda dikatakan bergerak lurus jika benda mengalami perubahan kedudukan dan lintasan yang dilaluinya lurus.

Nah pada postingan kali ini, materi yang akan dibahas adalah tentang gerak lurus! Materi ini cukup menarik untuk dipelajari, akan ada banyak sekali informasi-informasi yang kamu butuhkan agar kamu bisa menguasai konsep kinematika gerak lurus ini.

Macam-macam gerak lurus

Berdasarkan arah lintasannya gerak lurus terbagi menjadi 2 macam, yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

1. Gerak lurus beraturan

Di dalam konsep gerak lurus beraturan atau dikenal dengan gerak GLB, kecepatan benda pada saat bergerak adalah konstan.  Jadi tidak ada yang namanya penambahan kecepatan atau pun pengurangan kecepatan. Jika awalnya 10 m/s maka angka tersebut akan tetap 10 m/s sampai kapan pun juga. Hal tersebut terjadi karena percepatan dari benda itu adalah sama dengan nol.


2. Gerak Lurus Berubah Beraturan

Nah selanjutnya adalah gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Gerak lurus jenis memiliki perbedaan dengan GLB dari segi kecepatannya. Jika GLB kecepatannya konstan sedangkan pada GLBB kecepatannya terus mengalami perubahan secara beraturan. Bisa saja kecepatannya bertambah atau mungkin berkurang.

Contohnya, ada sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal adalah 10 m/s, maka detik ke-2 akan bertambah lagi misalkan jadi 15 m/s, detik ke-3 jadi 20 m/s dan seterusnya. Pertambahan/pengurangan kecepatan yang konstan pada GLBB disebabkan karena percepatannya yang tetap.

Pelajari lebih jauh>>

Share this

0 Comment to "Kinematika Gerak Lurus"

Post a Comment