Tuesday, June 21, 2016

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan atau dikenal dengan istilah GLBB merupakan salah satu jenis gerak lurus yang mana kecepatan benda saat bergeraknya tidak tetap. Hal tersebut terjadi karena pengaruh dari percepatan benda.

Di GLBB percepatan benda adalah konstan, hal ini menyebabkan benda mengalami perubahan kecepatan secara beraturan. Bisa kecepatannya menjadi turun atau mungkin meningkat.

Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan
 
Untuk grafik GLBB dipercepat dan diperlambat bisa dilihat pada ilustrasi gambar dibawah:
 Grafik GLBB
Perhatikan gambar 1, itu merupakan grafik GLBB dipercepat. Berdasarkan gambar tersebut, terlihat bahwa kecepatan benda dari waktu ke waktu mengalami peningkatan secara konstan. Sedangkan pada gambar 2, itu merupakan grafik GLBB diperlambat, kecepatan mengalami penurunan beraturan dari waktu ke waktu.

Persamaan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Sama halnya dengan GLB, GLBB pun memiliki persamaan-persamaan yang nantinya akan kita pergunakan untuk melakukan proses perhitungan. Adapun persamaan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) nya adalah sebagai berikut:

Persamaan Gerak Lurus Berubah Beraturan

Dari rumus diatas kita melihat ada tanda +/- , 

(+) digunakan pada saat benda mengalami pertambahan kecepatan
( - ) digunakan pada saat benda mengalami penurunan kecepatan

Ketiga rumus tersebut antara satu dengan yang lainnya saling terkait, terkadang kita diharuskan memadukan beberapa persamaan ini ketika hendak mengerjakan soal fisika.
 
Contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada pengaplikasiannya dalam kehidupan, ada beberapa contoh dimana sebuah benda dikatakan mengalami gerak lurus berubah beraturan, beberapa diantaranya yaitu Gerak Jatuh Bebas dan Gerak Vertikal ke Atas.

1. Gerak Jauh Bebas (GJB)

Maksud dari gerak jatuh bebas disini adalah sebuah gerak dimana benda mengalami pergerakan menuju ke inti bumi (vertikal). Jadi benda bergerak dari keadaan tertinggi menuju ke yang paling rendah.

Gerak Jatuh Bebas 

Pada saat benda berada dititik awal, kecepatannya adalah yang paling kecil. Ketika mulai turun ke bawah, kecepatan mengalami perubahan kecepatan secara konstan. Semakin ke bawah kecepatannya semakin meningkat. Nah saat benda tepat menyentuh tanah, kecepatan benda adalah yang paling maksimal. Gerak jatuh bebas ini termasuk ke dalam kelompok GLBB dipercepat.

2. Gerak Vertikal ke Atas (GVA)

Gerak vertikan ke atas kebalikannya dari gerak jatuh bebas. Jika GJB arah pergerakannya ke bawah maka GVA bergeraknya ke atas. Dalam konteks ini, gerak vertikan ke atas masuk ke kategori GLBB diperlambat.

Gerak Vertikal ke Atas 

Hal tersebut terjadi karena pada saat benda bergerak ke atas, maka kecepatannya semakin menurun. Sampai pada akhirnya benda menemui titik puncak. Di titik ini kecepatan benda sama dengan nol. Untuk kecepatan tertingginya sendiri yaitu pada saat awal benda terlempar ke atas.

Contoh Soal GLBB dan Pembahasannya:

Sebuah mobil mula-mula dalam keadaan diam. Kemudian mobil itu dihidupkan dan mulai bergerak dengan percepatan konstan 2 m/s2. Berapa kecepatan mobil pada saat detik ke 10?
Penyelesaian:

Nomor 1:

Diketahui:
V0 = 0 m/s
a   = 2 m/s2
t    = 10 sekon

Ditanyakan : Vt = . . . ?

Jawab:

Vt = V0 + at

Vt = 0 + 2 . 10

Vt = 20 m/s

<< Kembali ke materi Kinematika Gerak Lurus

Share this

0 Comment to "Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)"

Post a Comment